Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1435 H

Saum secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Berpuasa (saum) merupakan salah satu dari Rukun Islam yang ke lima. Ibadah Puasa Ramadhan yang diwajibkan Allah kepada setiap mukmin adalah ibadah yang ditujukan untuk menghamba kepada Allah seperti yang tertera dalam Al-Qur'an Surat QS. Al- Baqarah/2: 183. Hikmah dari ibadah Puasa itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup. Maksud dari sabar yang tertera dalam Al-Quran adalah "gigih dan ulet" seperti yang dimaksud dalam QS. Ali ‘Imran/3: 146. Di antara hikmah dan faedah puasa selain untuk menjadi orang yang bertakwa adalah sebagai berikut :
 
 Untuk kesehatan
Perlu diingat ibadah puasa Ramadhan akan membawa faedah bagi kesehatan rohani dan jasmani jika pelaksanaannya sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan, jika tidak maka hasilnya tidaklah seberapa, malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia saja. 

 Untuk pendidikan / latihan rohani
       Mendidik jiwa agar dapat menguasai diri
       Mendidik nafsu agar tidak senantiasa dimanjakan dan dituruti
       Mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebaik-baiknya
       Mendidik kesabaran dan ketabahan

 Untuk perbaikan pergaulan
Orang yang berpuasa akan merasakan segala kesusahan fakir miskin yang banyak menderita kelaparan dan kekurangan. Dengan demikian akan timbul rasa suka menolong kepada orang-orang yang menderita.


Jadwal Ismak Puasa Ramadhan 1435 H - Juli 2014 Untuk Daerah Pekanbaru-Riau dan sekitarnya 

Jadwal Sholat bulan Juli 2014 untuk Kota Pekanbaru,Riau & sekitarnya.

Semoga artikel yang saya tulis kali ini bermanfaat bagi pembaca dan buat saya terutama sekali...Kita dapat menjalankan Ibadah Puasa dengan lancar tanpa ada hambatan apapun... dan amal Ibadah kita di bulan Ramadhan ini di terima oleh Allah SWT,,, aamiin ya Robbal'alamiin... 


 imageimageimageimageimageimageimage  imageimageimageimageimage  imageimageimageimageimageimageimageimage 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar